Senin, 07 Januari 2013

koperasi sekolah mengurangi pengangguran di indonesia






Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum Koperasi dengan melaksanakan kegiatanya berdasar prinsip Koperasi, sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan. Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari siswa-siswaSekolah.
Sebelum membahas tentang koperasi sekolah, kita akan membahas tentang pengangguran yang menambah angka kemiskian di Indonesia.
Seperti yang kita ketahui, bahwa di Indonesia banyak sekali angka pengangguran,  jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 9,43 orang di tahun ini. Banyak orang-orang miskin karena pengangguran yang merajalela di Indonesia, belum lagi banyak kejadian atau aksi-aksi para pengangguran yang melakukan segala cara untuk tetap bertahan hidup.
Pengangguran terjadi disebabkan karena adanya kesenjangan antara penyediaan lapangan kerja dengan jumlah tenaga kerja yang mencari pekerjaan. Pengangguran bisa juga terjadi meskipun jumlah kesempatan kerja tinggi akan tetapi terbatasnya informasi, perbedaan dasar keahlian yang tersedia dari yang dibutuhkan.
Para imigran juga menambah angka kepadatan penduduk dan angka pengagguran di Jakarta, yang awalnya mereka ingin berniat untuk bekerja, namun sesampainya di Jakarta, tempat dan lowongan pekerjaan sangat susah untuk didapatkan.
Tujuan koperasi sekolah adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sedangkan pembentukan koperasi sekolah di kalangan siswa dapat menunjang pendidikan siswa dan latihan berwirausaha. Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini.
Pengungkapan relevansi koperasi sekolah sebagai tawaran menggunting lingkaran setan pengangguran, kemiskinan dan kewirausahaan, dipicu oleh kondisi realistis yang ada ini merupakan dasar dari koperasi sekolah. Ada dua potensi yang dimiliki oleh koperasi sekolah  (1) potensi koperasi disekolah, (2) sumber daya manusia. Fakta potensi sumber daya manusia di sekolah, relevansidan peran koperasi sekolah korelasinya dengan upaya mengatasi pengangguran dan kewirausahaan di masa depan.
Maka dari itu para siswa di latih untuk berkoperasi, agar suatu saat jika mereka tidak bisa melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi mereka masih bisa berwirausaha ditempat tinggal mereka. Karena mereka sudah dibekali ilmu dibangku sekolah untuk berwirausaha di koperasi sekolah.
Namun sangat disayangkan, kurang adanya perhatian dari pemerintah sehingga masih sulitnya koperasi sekolah berkembang. Bahkan koperasi sekolah banyak campur tangan dari guru dan dewan pengurus sekolah yang semesitinya guru hanya membimbing siswa untuk melatih dan berwirausaha melalui koperasi sekolah.
Kemudian ada beberapa sekolah yang tidak memiliki koperasi, terutama sekolah yang terletak di pedalaman kota. Karena kurangnya fasilitas ruangan yang memadai di sekolah tersebut dan kurangnya  biaya untuk membangun koperasi sekolah.
Seharusnya pemerintah memperhatikan hal seperti tersebut, karena koperasi sekolah bukan hanya tempat transaksi jual-beli barang yang dibutuhkan oleh siswa, melainkan juga tempat ilmu untuk  para siswa menuntut ilmu berwirausaha dari dini.

























Daftar pustaka
istiana,siti,2010.Pemberdayaan koperasi sekolah ditinjau dari
nuramin, Agus,2011.dampak pengangguran,Mei,http://agusnuramin.wordpress.com/tag/dampak-pengangguran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar